Cara menjual foto di 123rf

Закрыть ... [X]

 

PayPal Rewel, Waktunya Pindah ke Payoneer dan Dapatkan Bonus 25$

sangpena.com – Tulisan ini semata-mata hanya bertujuan untuk sharing, bukan pamer atau sok-sokan sudah bisa mendapatkan dollar dari internet 😀. Special thanks untuk grup Microstock Indonesia Raya dan Graphic Microstock Grobogan yang jadi tempat berbagi pengalaman dan memetik banyak ilmu.

Update: Tulisan ini aslinya dibuat saat mencapai angka 0 dan diperbaharui menuju angka 00 🙂 buat motivasi saja ya, untuk “cara main” lebih lengkap ada di

Update 2: Tulisan ini kembali diperbaharui 25 Mei 2017 karena target 3000$ sudah terlampaui,. 😀

 

Mendapatkan 600$ Pertama Tanpa Jualan Stock di Shutterstock!

Update 3: Alhamdulillah, bulan Oktober 2017 sudah mendapat angka 00 :D, lihat updatenya

Setelah ini tidak ada update lagi di postingan ini. InsyaAllah akan ganti judul kalau sudah capai.000 🙂

Shutterstock (SS) adalah perusahaan/agensi microstock teratas dalam hal penjualan dan memiliki perpustakaan terbesar. Didirikan pada tahun 2003 oleh Jon Oringer, Shutterstock telah memiliki lebih dari 60 juta stock yang meliputi foto, vector, illustrasi, footage dan musik dan telah membayarkan lebih dari 0 juta kepada contributornya. (stockuang)

Saya resmi bergabung menjadi kontributor di Shutterstock per tanggal 13 April 2016, jadi masih tergolong baru dan masih hijau. Tapi tidak ada salahnya berbagi lewat tulisan singkat ini, berharap ada yang bisa mendapatkan informasi bermanfaat dan kemudian bisa bergabung untuk turut ambil bagian.

Apakah Sulit Menjadi Kontributor?

Kalau dibilang sulit, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa bergabung di sini. Tetapi juga tidak tepat jika mengatakan gampang untuk bergabung menjadi Shutterstock Contributor. Ada beberapa tahapan dan syarat yang harus dilewati sebelum menjadi seorang kontributor, nah tahapan ini yang akan menentukan sudut pandang kita masing-masing, apakah sulit atau tidak.

Kalau tujuannya untuk mendapatkan earning (penghasilan) secara instan dan jumlahnya besar, jelas Shutterstock bukan pilihan tepat. Tapi kalau tujuannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara bertumbuh, Shutterstock bisa jadi pilihan yang tepat tentunya dengan syarat: konsisten dan istiqomah.

Kenapa harus Konsisten dan Istiqomah?

Jangan mengharap penghasilan besar dengan effort apa adanya. Jumlah portofolio dan kualitas tentu sangat mempengaruhi penghasilan. Apalagi macam penulis yang kemampuan design ala kadarnya. Salah satu solusi agar penghasilan kita tetap bertumbuh ya dua itu: konsisten dan istiqomah.

Penyakit utama di hampir semua hal adalah malas, termasuk di Shutterstock. Menjadi kontributor harus jauh-jauh dari sifat tersebut. Apalagi kalau kita ingin konsisten (memegang teguh) niat join Shutterstock adalah penghasilan, jangan pernah malas.

Buatlah target untuk mewajibkan diri sendiri, misal: sehari harus submit 10 buah vector. Penuhilah target tersebut secara rutin, kalau bisa ditambah. Maka secara hitungan angka, satu bulan kita bisa memiliki kurang lebih 300 vector, satu tahun kurang lebih 3600 vector. Berapa penghasilan dari 3600 vector? tidak ada yang tau, kualitas dan trend pasar akan sangat menentukan penghasilan. So, ikutilah trend pasar sepanjang tahun tersebut sampai mengerti pola dan kebutuhan pasar.

Hal yang tidak kalah penting adalah istiqomah. Istiqomah buat submit, buat belajar dan menambah skill, sampai istiqomah bersilaturahim dengan orang-orang yang memiliki kesibukan sejenis. Akan banyak ditemukan wawasan baru jika kita mau istiqomah.

Berapa total penghasilan di SS sampai hari ini?

Update Total Penghasilan: >1500$ |

Total Penghasilan ShutterstockTotal penghasilan per 25 November 2016 (update klik link di atas)

Berhubung saya masih baru, total Gross Earning di Shutterstock sejak join sampai hari ini (30 Juli 2016) hanya 321,21$ atau setara Rp4juta sekian. Mungkin tidak terlalu besar bagi yang penghasilannya sudah besar, tapi angka ini cukup membantu untuk beli martabak dan gorengan pas lebaran 😀 (tulisan lama)

Untuk penghasilan total di bulan Juli 2016, kurang lebih sudah mencapai 140$. Selengkapnya bisa dilihat di gambar berikut ini:

Cara Daftar Shutterstock

Angka di atas memang bukan angka pasti, dalam artian bukan berarti setiap bulan bisa mendapatkan penghasilan sebesar itu. Sekali lagi faktor penentu besar tidaknya adalah: kuantitas (jumlah stock), kualitas, dan trend pasar. Yang tidak kalah penting adalah perbanyak do’a, karena Dia yang menggerakan para pembeli untuk memilih vector kita 🙂

Trend Shutterstock

Gambar di atas ini adalah contoh trend, dalam 3 hari tersebut penjualan untuk kategori tertentu benar-benar tinggi. Maka, sering-sering lihat trend, kalender liburan dunia dan lain-lain lalu buat illustrasi (vector) sesuai trend tersebut.

Berapa penghasilan per download?

Update: Per bulan September kemarin, per download sudah mencapai 0,33$ 🙂

Sampai saat ini, penghasilan per download hanya 0,25$ atau kurang lebih sekitar Rp3.000. Kok sedikit sekali? Benar, memang sangat sedikit. Bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi bayangkan jika sehari ada 1000 download. Berapa penghasilannya? banyak! Shutterstock memberi peluang penghasilan tak terbatas kepada kontributor yang terus menambah jumlah stok dan meningkatkan kualitas, maka pastikan untuk melakukannya.

Kabar baiknya, nilai per download akan terus naik seiring dengan penghasilan yang bertambah. Seperti yang tercantum dalam website Shutterstock:

Earning Shutterstock Breakdown

Jadi semakin lama bermain di Shutterstock, akan semakin besar pula kemungkinan penghasilan akan bertumbuh. Kalau pengen penghasilan lekas besar, harus terus menambah stock dan kualitas tentunya. 🙂

Apakah Shutterstock Terbukti Membayar?

 

Bukti Pembayaran Shutterstock

Cukup gambar di atas sebagai bukti. Pembayaran Shutterstock terdapat beberapa opsi, tetapi saya hanya menggunakan PayPal karena prosesnya cukup cepat dan potongannya tidak terlalu kecil jika Withdraw ke Bank Lokal.

Mungkin ada pertanyaan, Apakah Paypal Harus Verifikasi Credit Card (CC)? Jawabannya adalah tidak, PayPal saya di atas belum verifikasi CC sama sekali tapi terbukti bisa melakukan penarikan ke bank lokal. Paling penting, pastikan data di PayPal sama dan valid dengan data identitas diri kita (termasuk rekening bank).

Contoh Design saya di Shutterstock?

Design Shutterstock

Tidak terlalu bagus? betul, tapi yang penting laku. Kadang sudut pandang kita berbeda dengan sudut pandang kebutuhan customer Shutterstock, ini yang perlu digali dan ditemukan. Butuh waktu dan pengalaman, tapi semakin lama kita sebagai kontributor akan mengerti #eaaa 😀

Design di atas tidak terlalu sulit dibuat, tidak sampai 5 menit bisa dibuat menggunakan Adobe Illustrator. Kalau bisa dan sudah pengalaman :p  edisi sombong  hahaha

Postingan lebih lengkap tentang pendaftaran Shutterstock bisa dibaca di sini.

Sebelum pendaftaran, pastikan menyiapkan hal-hal berikut ini:

  • Paspor & KTP
  • Niat untuk belajar
  • Istiqomah

Paspor dan KTP biar lebih mudah dijadikan dalam satu file PDF berbeda halaman (halaman 1 Paspor, halaman 2 KTP). Untuk Lengkapi semua data-data sesuai identitas diri.

Siapkan 10 buah vector, masing-masing dengan ekstensi file EPS 8 atau 10 ditambah file JPEG dengan ukuran 4000×4000 pixel. Gunakan aplikasi Adobe Illustrator untuk menghasilkan (membuat) gambar ini di tahap pertama.

Pastikan file EPS dan JPEGnya diberi nama yang sama, misal gambar1.EPS & gambar1.JPEG, gambar2.EPS & gambar2.JPEG dan seterusnya. Silakan diupload ke sepuluh gambar tersebut dan berdo’a sambil menunggu hasil review.

Tips & Trick Shutterstock

Tips dan trik ini bisa benar atau juga salah, tetapi sudah saya terapkan dan terbukti berhasil.

  1. Browsing berbagai kategori di Shutterstock
    Shutterstock menyediakan berbagai kategori yang bisa kita cek satu per satu. Browsing gambar-gambar populer di siin biasanya akan menemukan ide setelah melihat gambar yang top di halaman pencarian.
    Temukan banyak vector Shutterstock berkualitas, masukkan keywordmu dan mainkan!
  2. Lihat akun yang lebih dulu sukses
    Setelah browsing, biasanya kita akan menemukan gambar bagus. Eits, jangan langsung close tab. Pastikan klik juga kontributor tersebut, cari lebih lanjut gambar-gambar berkualitas akun tersebut. Ingat, ATM. Amati! Tiru! Modifikasi! Design sudah jutaan, kita tetap bisa mengambil peluang dengan membuat versi gambar yang lebih baik.
  3. Kunjungi Pinterest
    Pinterest adalah gudang inspirasi design kreatif saya sampai saat ini. Selain designnya setiap hari yang selalu bertambah, banyak ilmu yang dishare di sana. Pastikan kamu juga mengambil peluang dan inspirasi yang terdapat di sini. Klik untuk ke Pinterest.
  4. Lihat yang sedang
    Shutterstock juga punya trend yang bisa kita lihat lho, gk percaya? cek langsung di Shutterstock > .
  5. Lihat Kalender liburan dunia
    Berbagai negara di belahan dunia punya jadwal liburan dan hari besar yang bisa kita bidik untuk dijadikan konten illustrasi di Shutterstock. Lihat di sini langsung gan >
  6. Cek yang sedang rame di Freepik
    Freepik hampir mirip dengan Shutterstock, tapi lebih sulit untuk menembus kontributor di sana. Gk masalah, kita ambil gurihnya saja: yang sedang rame di Freepik. Bisa langsung dicek di sini >> . JANGAN PERNAH download di Freepik untuk diupload ulang di Shutterstock, kalau mau coba silakan, bila ada banned di kemudian hari, jangan salahkan 😀
  7. Kunjungi website-website turnamen grafis
    Banyak website-website turnamen grafis di bumi: Freelancer, 99design, designcontest, dan lain-lain. Tidak harus ikut turnamennya, tapi kita bisa melihat design yang sedang bagus di situ untuk kemudian (sekali lagi) kita ATM menjadi design yang lebih baik
  8. Download Aplikasi Official Shutterstock
    Biar cara menjual foto di 123rf tidak repot bolak-balik buka dashboard Shutterstock, aplikasi ini bisa menyajikan data secara realtime dan akurat. Sekalipun beberapa kali ya pernah gagal ambil data, minimal kita bisa lebih efektif menggunakan waktu.

Okaay, mungkin cukup sekian penjelasannya dari saya. Saya tidak berharap banyak teman-teman bisa langsung Shutterstock, apalagi dengan persyaratan Paspor yang tidak semua bisa memenuhi. Minimal informasi ini bisa sampai dulu, siapa tau di kemudian hari ada teman-teman yang berminat gabung menjadi Shutterstock Contributor. Ohya, di sini tidak hanya jualan gambar ya, foto dan video bisa juga dijual di sini, jadi masih ada peluang sekalipun bukan tukang design ahli kayak saya :v

Yang mau daftar, silakan klik. Atau di link-link di atas. Semoga Catatan Menuju 00 Pertama dari Shutterstock ini bermanfaat 🙂

Yang mau tanya-tanya, silakan kirim pertanyaan ke  inshaAllah fast response dan langsung ke email penanya 🙂

Daftar di Sini

Jakarta, 30 Juli 2016 | 11:14am

Related





ШОКИРУЮЩИЕ НОВОСТИ



Related News


Paula wilcox photo gallery
Cape verde photo gallery
New college grad photos
Zebra finch pictures photos
How do i add photos to my ipod nano
Foto di new york city
Maria sharapova photo hot